Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah agar Tampil Flawless

Berpenampilan cantik memukau adalah keinginan setiap wanita, maka tips makeup menjadi kuncinya. Wanita selalu ingin terlihat mempesona sehingga melakukan banyak usaha demi mendapatkannya. Salah satunya yaitu dengan merias wajah sehingga kecantikan akan lebih terpancar dengan maksimal. Namun merias wajah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Sapuan kosmetik di wajah memang bertujuan untuk mempercantik diri. Selain cantik, seorang wanita juga bisa terlihat lebih fresh saat mengenakan serangkaian makeup. Untuk menghasilkan riasan flawless, seseorang perlu mengetahui karakter bentuk wajahnya. Dengan begitu bisa memilih cara makeup terbaik, tidak sekedar ikut-ikutan tren belaka.

Melihat tutorial makeup melalui video-video dari beauty vlogger memang menjadi solusi tersendiri. Akan tetapi hasilnya tidak serta merta memberikan look sempurna meskipun sudah mengikuti dengan tepat. Hal itu karena setiap orang memiliki karakter wajah berbeda jadi pengaplikasian makeup tidak bisa disamakan. Untuk itu, tips berikut bisa dijadikan acuan.

Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah agar Tampil Flawless
Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah agar Tampil Flawless

Makeup untuk Wajah Bulat Bagi Para Wanita

Memiliki bentuk muka berbentuk bulat memang menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita. Karakter wajah ini dianggap cukup sulit saat merias muka sehingga jika salah menentukan jenis riasan justru hasilnya tampak tidak menarik. Tips makeup untuk wanita bermuka bulat adalah fokus di area pipi. Karena bagian ini kerap menjadikan tampak bundar.

Cara mengakalinya bisa dengan menggunakan sapuan berwarna gelap di bagian bawah tulang pipi kanan kiri. Warna atau shade gelap akan membantu menyamarkan bentuk pipi chubby sehingga tampak lebih tirus. Selain pipi, fokuskan juga pada wilayah dahi luar (kanan-kiri) dengan sapuan berwana gelap juga. Ini memberikan efek wajah lebih sempit.

Jangan lupa juga mengaplikasikan contour pada dagu bagian dalam. Tips makeup dengan contour ini sangat penting untuk muka berbentuk bulat agar memberikan efek wajah lebih tirus. Selain dagu, lakukan juga contouring di bagian bawah kedua rahang. Cara ini dapat membuat kesan wajah terutama rahang lebih tegas.

Wanita dengan bentuk muka bulat sebaiknya menghindari makeup terlalu tebal. Sebaliknya, gunakan sapuan riasan ringan tidak terlalu tebal agar tampak fresh serta tidak berlebihan. Pemilihan warna-warna natural juga direkomendasikan. Sesuaikan dengan warna kulit agar tidak terlihat begitu mencolok sehingga menghasilkan look flawless.

Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah agar Tampil Flawless
Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah agar Tampil Flawless

Makeup untuk Wajah Oval, Lebih Mudah untuk Meriasnya

Tips makeup berikutnya adalah untuk wanita berwajah oval. Karakter muka ini terbilang sangat mudah serta fleksibel dalam meriasnya jika dibanding bentuk lain. Pemilik bentuk wajah ini bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri melalui sapuan kosmetik beraneka rupa. Look natural adalah andalan untuk tampil mempesona setiap saat.

Membentuk alis secara tepat merupakan cara terbaik agar muka bagian atas tampak semakin tegas. Apalagi tren alis semakin populer belakangan ini, tetapi hindari membentuk alis secara berlebihan. Selain itu, sapuan blush on berwarna natural juga dapat diaplikasikan ke area pipi. Cara ini akan membuat tulang pipi lebih terekspose.

Tips makeup untuk bagian mata, pengaplikasian eye liner akan menjadikan look lebih menawan. Sebaiknya eyeliner tidak terlalu tebal agar kesan natural lebih terlihat. Tidak perlu menambahkan bulu mata palsu, sebaliknya cukup mengaplikasikan maskara saja. Pemakaian lipstik juga harus diperhatikan agar tampak semakin segar.

Makeup untuk Wajah Berbentuk Hati

Ciri-ciri wajah berbentuk hati bisa dilihat dari bagian dagu menyempit serta meruncing atau lancip. Sementara area muka atas terutama di bagian dahi tampak lebih lebar. Akan tetapi, bentuk muka ini tampak tidak seimbang di wilayah pipi antara atas-bawah. Tetap jangan khawatir karena hal ini dapat diakali.

Tips bermakeup untuk bentuk muka hati bisa fokus pada contouring di bagian tulang pipi atas. Aplikasi contour juga sebaiknya dilakukan pada area dahi kanan-kiri. Cara ini adalah upaya agar wajah terlihat lebih proporsional. Selanjutnya, gunakan item kosmetik seperti eye liner, maskara, lipstik untuk menghasilkan riasan semakin sempurna.

Setiap orang memiliki bentuk muka dengan karakter masing-masing. Jadi, cara seseorang merias muka perlu disesuaikan berdasarkan karakter tersebut. Untuk menghasilkan look menawan secara maksimal, ketahui terlebih dahulu bentuk muka untuk kemudian memilih cara merias secara tepat. Tips makeup ini bisa menjadi rekomendasi terbaik agar tidak salah dalam men-treat wajah.

Cara Memilih Foundation Berdasarkan Warna Kulit agar Tampak Natural
Kosmetik & Perawatan Pribadi

Cara Memilih Foundation Berdasarkan Warna Kulit agar Tampak Natural

Cara memilih foundation adalah pengetahuan wajib bagi semua wanita. Produk kosmetik satu ini sangat penting untuk urusan riasan wajah. Foundation alias alas bedak mampu membuat kulit tampak lebih halus merata serta warnanya lebih bagus. Produk makeup ini juga mampu memberikan coverage maksimal sehingga menyamarkan noda-noda di wajah.

Akan tetapi, memilih alas bedak patut menjadi perhatian khusus. Karena jika salah pilih akan berakibat fatal pada hasil riasan. Misalnya makeup jadi tampak cakey, terlalu mengkilap hingga terkesan sangat berminyak. Tentu wanita manapun sangat menghindari hal tersebut. Nah, oleh karena itu jangan sembarangan saat hendak membeli alas bedak.

Pemilihan foundation harus didasarkan pada jenis serta warna kulit. Selain menentukan hasil makeup, item satu ini juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kulit si pemakai. Menggunakan foundation secara tidak tepat justru bisa memicu timbulnya jerawat maupun sejumlah permasalahan lainnya. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tipsnya.

Cari Tahu Sebuah Warna Dasar pada Kulit

Cara memilih foundation dengan tepat, pertama-tama harus memahami warna kulit sendiri. Setiap orang memiliki warna kuit dasar berbeda-beda. Banyak wanita salah memilih warna foundation karena tidak mengetahui tone kulitnya sendiri. Hal ini adalah kesalahan besar sehingga wajib dihindari oleh siapa saja.

Warna Dasar pada Kulit
Warna Dasar pada Kulit

Untuk menemukan alas bedak, memahami undertone menjadi sangat penting. Undertone merupakan warna dasar atau lapisan kulit bawah. Ada tiga macam undertone pada setiap orang, yakni cool (pink), warm (kuning), serta netral. Cara mengetahui undertone cukup simple, yakni dengan mengamati bagian pergelangan tangan di bawah sinar lampu maupun matahari.

Apabila terlihat warna ungu atau kebiruan, itu berarti termasuk undertone cool. Jika warnanya tampak hijau, maka termasuk undertone warm. Sedangkan undertone netral ditandai dengan pembuluh darah tampak berwarna campuran hijau-biru. Jika sudah menemukannya, maka pemilihan alas bedak bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Mencobanya Foundationnya di Bagian Leher

Cara memilih foundation berikutnya yaitu dengan mencobanya di bagian leher. Counter kosmetik tentunya menyediakan tester dari berbagai jenis alas bedak untuk konsumen. Fasilitas ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin yaitu dengan mencobanya. Cara mencobanya bisa diaplikasikan ke bagian leher karena inilah area terdekat wajah (warna kulit serupa).

Akan tetapi, sebagian orang terkadang salah dalam mencoba alas bedak. Banyak di antara para wanita mencobanya dengan mengoleskannya ke bagian punggung maupun pergelangan tangan. Padahal kulit di area tangan belum tentu sama dengan warna kulit wajah. Sehingga masih ada kemungkinan kesalahan pemilihan warna alas bedak.

Foundationnya di Bagian Leher
Foundationnya di Bagian Leher

Untuk itu, aplikasikan foundation pada area leher agar dapat melihat apakah warnanya sudah sesuai kompleksi wajah atau tidak. Oleskan di bagian dalam rahang lalu perhatikan kecocokannya. Pilih tempat dengan penerangan memadai agar tidak mengelabui penglihatan. Cara memilih foundation ini dinilai cukup efektif sehingga tepat untuk kulit.

Memilih Jenis Alas Bedak Sesuai Tipe Kulit

Jenis alas bedak di pasaran saat semakin beragam, misalnya liquid, stick, tinted maupun krim. Masing-masing jenis alas bedak memiliki karakter serta kelebihan tersendiri sehingga perlu menentukan kebutuhannya. Sebagai contoh, foundation berjenis liquid (cair) maupun krim direkomendasikan untuk penggunaan full coverage.

Foundation berjenis ini sangat cocok untuk digunakan pada riasan tebal (full makeup). Misalnya untuk acara pernikahan, wisuda, ataupun special occasion lainnya. Sedangkan cara memilih foundation untuk sehari-hari alangkah baiknya menggunakan jenis tinted seperti BB cream. Jenis ini memberikan coverage memadai namun teksturnya lebih ringan sehingga cocok untuk pemakaian harian.

Selain kompleksi, tipe kulit juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan alas bedak. Wanita dengan tipe kulit berminyak disarankan memilih alas bedak berbahan dasar air alias water based karena sifatnya lebih bersahabat dibanding oil based. Sedangkan untuk kulit kering sebaiknya memilih foundation bermoisturizer agar kulit senantiasa lembab sepanjang hari.

Memiliki perangkat kosmetik kini menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang wanita. Hal ini karena setiap wanita selalu ingin tampil mempesona secara maksimal saat berada di mana saja. Oeh sebab itu, membeli produk makeup seolah hal wajib hingga menjadi rutinitas. Cara memilih foundation maupun produk kosmetik lainnya pun harus diperhatikan.

1 3 4 5